Headline

HUT RI ke 72, Ini Kado PLN Untuk Masyarakat Banda

d36cfdce5fb0d0075c31c75e8ef1e255

Ambon, detikmalukucom: Janji pemerintah pusat menambah dua mesin untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dikepulauan Banda akan terealisasi. Sementara mesin dalam proses perakitan. Dengan penambahan dua mesin itu sudah ada penambahan daya 2 x 500 jadi ada tambahan 1000 KW lagi. Sementara di Lontor juga ada tambahan daya  2 x 200  jadi ada 400 KW.

Meski ada beberapa wilayah di daerah kepulauan Banda yang belum teraliri listrik seperti pulau Run pulau Ai sama pulau Hatta. Rencananya di tahun 2018 tiga pulau itu baru akan dilistriki dan sudah masuk dalam program PLN wilayah Maluku dan Maluku Utara. Demikian disampaikan Kepala Rayon PLN Ranting Banda, Nur Syamridal kepada detik-maluku.com di Ambon Rabu, (16/08) kemarin.

Selain dua buah mesin sebagai kado istimewa masyarakat Banda, Syamridal mengatakan, dalam rangka memperingati semarak 72 tahun hari kemerdekaan, PLN juga membuat program namanya 72 semarak 17 % plus 8 yang diperuntukan bagi pelayan yang membayar sebelum tanggal 17 nanti akan mendapat despenisasi. Program ini dilakukan mengikuti program yang dibuat oleh direksi berupa tambah daya seharga 60 %.

Syamridal mengatakan, pelayanan listrik di Pulau Banda cukup stabil pelayanannya suda 24 jam, sementara di Lontornya masih 18 jam itu baru dua pulau yang terlistriki yaitu Naira sama Lontor. Kalau peluang pertumbuhan pelanggan listrik hanya ada di daerah Lontor karena disana ada PLTD Walang. Peluang lain kata Syamridal juga ada berupa penambahan klostor mengingat mata pencaharian utama masyarakat disana ada nelayan.

“Untuk daya listrik di Banda cukup, kemampuan daya mencapai 1400 an KW sedangkan beban puncak tertinggi yang pernah ada baru 800 KW. “ Terangnya.

Lanjut Syamsidar, untuk permohonan tambah daya permintaan pelanggan cukup tinggi, menembus hampir 200 rekor permohonan tambah daya untuk di Banda sama Lontor, ini angka yang cukup tinggi. “ Ini menandakan bahwa pelanggan menaruh kepercayaan lebih terhadap PLN Rayon Banda, pikir masyarakat disana buat apa tambah daya kalau listriknya mati-mati, hal ini yang kita jaga. “ terangnya. (DM1).

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top