Berita Kota

Peringati Milad ke 19, KAMMI Kota Ambon Gelar Khitanan Massal

image

Ambon, detikmalukucom: Milad ke XIX Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Ambon menjadi momentum yang bernilai. Sebagai bentuk dedikasi di Milad XIX, KAMMI Kota Ambon melaksanakan kegiatan khitanan massal yang di ikuti oleh 20 anak, Minggu (2/4). Kegiatan yang dipusatkan di pelataran Mesjid Nurul Iman kampung Tomia, Kelurahan Pandan Kasturi, tersebut menggandeng Dewan Pimpinan Pusat Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (DPP PMKM) sebagai mitra.

Ketua Humas KAMMI Kota Ambon, Akh Sukardi, menyampaikan pentingnya bakti sosial yang harus dilakukan kader KAMMI dalam mengisi semangat pengabdian di masyarakat. Dirinya mengutip prinsip gerakan KAMMI yang kelima “persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI”. Menurutnya, khitanan massal jugan sebagai sarana mengimplementasikan semangat berbagi dan persaudaraan sebagaimana prinsip kelima dimaksud. “Kader KAMMI harus bersemangat dalam pengabdian di masyarakat. Khitanan massal yang hari ini dilakukan sebagai sarana mengimplementasikan semangat orang basudara sebagaimana Prinsip gerakan KAMMI yang kelima yakni “persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI, ” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PMKM Syaiful Baranyanan menjelaskan kemitraan dengan organisasi seperti KAMMI perlu ditingkatkan dan dijaga hubungan baiknya agar sama-sama bermanfaat untuk masyarakat luas secara berkelanjutan. Sesama organisasi kepemudaan, kata Syaiful, KAMMI dan PMKM sama-sama punya misi kemanusiaan sehingga langkah-langkah sinergis perlu dilakukan oleh keduanya. “Kita perlu bekerjasama secara kontinu sehingga bermanfaat untuk masyarakat. KAMMI dan PMKM ke depan harus terus bermitra karena kita memiliki semangat kemanusiaan yang sama,” jelasnya.

Selain itu, Ketua Pimpinan WilayahKAMMI Maluku La Januri memaparkan dedikasi KAMMI kepada kota Ambon, Provinsi Maluku dan Indonesia, mesti di awali dengan semangat ukhuwah dan kreatifitas kader KAMMI. Kedua semangat inilah, lanjut dia, sebagai alat pendorong untuk menggandakan kontribusi. Dia berterima kasih kepada PMKM yang sudah menyambut baik tawaran kerjasama dari PD KAMMI Kota Ambon dalam agenda khitanan massal. “Sebagai kader KAMMI, dedikasi kita kepada kota ini, Maluku dan indonesia harus diawali dengan ukhuwah diantara kita. Setelah itu kader harus kreatif. Dua hal ini bisa membuat kontribusi kita berlipat ganda. Kami juga ucapkan terima kasih kepada teman-teman PMKM sudah menyambut kerjasama KAMMI Kota Ambon,” paparnya.

Lulusan Fakultas Fisipol Universitas Pattimura tersebut meminta kepada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku maupun Kota Ambon untuk mendukung penuh program-program PMKM karena program-programnya bersentuhan langsung dengan kesehatan masyarakat kecil. Dia berharap pemerintah bisa memfasilitasi kelengkapan alat-alat medis untuk khitan maupun kebutuhan lainnya sebagai inventaris PMKM. “PMKM harus benar-benar disuport oleh Dinas Kesehatan Maluku maupun Kota Ambon. Karena memang program kawan-kawan ini bersentuhan langsung ke masyarakat kecil. Saya harap Dinas bisa bantu pengadaan alat dan kelengkapan khitan atau kebutuhan lain agar program-program yang mereka lakukan bisa terus berjalan,” tutupnya. (Tim Media Milad19 KAMMI/Redaksi DM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top