Berita Kota

Dishub Ambon Gencar Tata Becak

Becak

Ambon, detik-maluku.com : Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perhubungan saat ini gencar menata kenderaan roda tiga alias becak.

Penataan kenderaan roda tiga ini mulai dari tertib berlalu lintas, tertib membayar pajak serta menindak tegas becak ilegal.

Kepala Bidang lalu lintas dan angkutan Dinas Perhubungan Kota Ambon, Nus Saija di Balai Kota Ambon, Senin (13/3/2017) menjelas, pihaknya terus melakukan penataan kepada becak , hal ini dilakukan agar tidak adan kesemrautan di jalan.

“Saat ini kita terus menata becak. Pengemudi becak kita arahkan untuk tertib berlalu lintas serta pemilik becak taat pajak,” ujarnya.

Diakuinya, Pemerintah Kota Ambon telah mengeluarkan peraturan Walikota tentang kawasan bebas becak, dimana becak dilarang untuk melewati kawasan-kawasan tersebut.

Peraturan Walikota Ambon Nomor : 6 tahun 2007 tentang kawasan bebas kendaraan tidak bermotor roda tiga/becak pada ruas jalan utama di Kota Ambon dan penetapan waktu beroperasi becak sesuai dengan warna.

Kawasan bebas becak di beberapa ruas jalan, di Kota Ambon di antaranya di Jalan AY Patty, Jalan Anthony Rebook, Jalan Pantai Mardika dan Jalan Sam Ratulangi.

Sedangkan pengoperasian becak berdasarkan warna yakni Senin- Kamis becak merah, Selasa – Jumat becak putih dan hari Rabu – Sabtu Becal kuning. Hari minggu semua becak bebas beroperasi.

Pada kesempatan itu juga, Nus mengungkapkan, pihaknya terus memantau aktifitas warga yang menjadikan badan jalan sebagai garasi.

Diakuinya, ada tim khusus yang dibentuk pemkot Ambon untuk menindak tegas pemilik kenderaan yang menggunakan badan jalan sebagai garasi.

“Kita punya tim khusus untuk memantau kenderaan yang menggunakan badan jalan sebagai garasi. Petugas kita banyak yang mengambil tindakan tegas dengan mengembok kenderaan,” ujarnya. (AKO)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top