Berita Kota

6.452 Siswa SMP/MTs Ikut UN di Ambon

UN SMP

Ambon, detik-maluku.com : Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di Kota Ambon untuk tahun ajaran 2016/2017, akan diikuti oleh 6.452 siswa.

6.452 siswa tersebut berasal dari 54 sekolah yang ada di kota manise ini .

“UN 2016/2017 akan diikuti 6.452 siswa SMP/MTs,” beber Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama, di Ambon, Senin (6/3/2017).

Diungkapkan, UN rencananya akan berlangsung pada awal Mei 2017, mendatang. Namun sebelumnya akan didahului dengan pelaksanan ujians sekolah, yang akan digelar pada pertengahan Maret hingga bulan April 2017.

Pada kesempatan itu, Kainama membeberkan ada 6 sekolah yang akan melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sekolah-sekolah yang dimaksud diantaranya SMP Negeri 3 Ambon, SMP Negeri 6 Ambon, SMP Kalam Kudus, SMP Katolik, SMP Kristen YPKPM, dan SMP Lentera.

“Tahun ini ada 6 sekolah yang menggelar UNBK, jika dibandingkan dengan tahun lalu ada peningkatan dari sebelumnya hanya 3 sekolah. Kita harapkan pada tahun ajaran berikutnya, banyak sekolah di Kota Ambon dapat memiliki peluang lolos verifikasi Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, untuk menyelenggarakan UNBK,” ujarnya.

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti UNBK di Kota Ambon sebanyak 860 siswa, masing-masing 133 siswa dari SMP Negeri 3; 412 siswa dari SMP Negeri 6; 57 siswa dari SMP Kalam Kudus; 73 siswa dari SMP Katolik; 122 siswa dari SMP Kristen YPKPM; dan 63 siswa dari SMP Lentera.

Sementara terkait kesiapan fasilitas komputer di sekolah-sekolah ini, Kainama mengaku, sesuai ketentuan aturan sebenarnya satu per tiga dari jumlah peserta ujian. Tetapi kemudian muncul kebijakan baru bahwa minimal terdapat 20 unit komputer, maka dapat digelar UNBK. Dengan ketentuan satu hari akan dibagi dalam tiga shift kelompok peserta ujian. (AKO)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top