Editorial

Saatnya BMW Pulang Kampung Bangun Maluku

16266286_1684194491594522_7576982188083206084_n

Editorial, detik-maluku.com: Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku 2018 adalah etape krusial dalam tahapan proses demokratisasi kita di Maluku. Pilgub Maluku 2018 juga merupakan puncak pertarungan bagi para elit politik lokal memperebutkan kursi nomor satu di daerah yang berjuluk Negeri Raja-Raja ini.

Sejumlah nama telah di gadang untuk maju. Diantaranya Gubernur Maluku saat ini Said Assagaff,  Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae, anggota DPR RI dari Partai Demokrat Michael Wattimena, anggota DPR RI dari partai PDI-P Komarudin Wattubun dan sejumlah nama lain.

Salah satu nama yang saat ini sedang popular dibincangkan oleh publik bakal ikut bertarung yakni Bung Michael Wattimena atau BMW. BMW sendiri merupakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Demokrat.

Lahir di Negeri Itawaka, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, 12 Januari tahun 1969, kiprah BMW di dunia politik tak bisa diragukan lagi. BMW berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari daerah pemilihan (Dapil) Papua Barat. Kemudia ia lanjutkan sukses sebagai legislator di senayan pada Pemilu berikutnya periode 2014-2019 dari Dapil yang sama.

Saat menjadi anggota DPR RI, BMW dipercayakan oleh Partai Demokrat menduduki jabatan strategis sebagai Wakil Ketua Komisi V yang membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal, meteorologi, klimatologi dan geofisika. Suatu jabatan yang sangat sulit diperoleh oleh politisi muda. Tapi mampu diperoleh oleh BMW.

Selain itu, sepak terjang BMW di dunia politik tak kalah hebat dengan sepak terjangnya di dunia organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan. BMW merupakan produk originalitas organisasi kemahasiswaan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). GMKI telah menjadi kawah candradimuka bagi BMW dalam merintis karir politiknya hingga sukses seperti saat ini. Di GMKI, BMW berproses mulai dari bawah level komisariat kemudian naik sampai ke jenjang yang paling puncak pengurus pusat.

Selain itu, saat aktif sebagai anggota DPR RI, BMW juga didapuk memimpin organisasi kepemudaan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). BMW terpilih menjadi Ketua Umum DPP GAMKI selama dua periode beruntun mulai dari periode 2012-2015 dan periode 2015-2018.

Meski menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Papua Barat, namun perhatian BMW terhadap Maluku, tanah air tercintanya, tidaklah setengah-setengah. Buktinya BMW diamanatkan memimpin organisasi paguyuban Perseketuan Itawaka, Porto dan Makariki (PITAPORMA) sebagai Ketua Umum pusat. Sebagai organisasi paguyuban, PITAPORMA sudah beberapa kali melakukan kegiatan sosial, kemanusiaan dan keagamaan yang dipusatkan di Maluku.

Kiprah dan sepak terjang BMW di dunia politik dan sebagai tokoh nasional adalah sesuatu yang membanggakan bagi Maluku. BMW adalah aset atau mutiara yang dimiliki Maluku.

Sudah saatnya BMW pulang kampung untuk bangun Maluku. Dengan segudang pengalaman organisasi yang panjang, jaringan yang luas, kualitas personal yang baik, tentu saja wacana majunya BMW di Pilgub Maluku 2018 patut diapresiasi. Apakah nantinya BMW akan maju baik sebagai calon Gubernur maupun sebagai calon Wakil Gubernur, satu yang pasti, kehadirannya harus disambut secara positif oleh semua pihak. (DM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top